Senin, 14 Februari 2011

JAMES TOBIN

James Tobin

James Tobin (5 Maret 1918 - 11 Maret 2002) adalah seorang Amerika ekonom yang, dalam hidupnya, bertugas di Dewan Penasihat Ekonomi dan Dewan Gubernur dari Federal Reserve System , dan mengajar di Harvard dan Yale Universitas. Dia mengembangkan ide-ide dari ekonomi Keynesian , dan menganjurkan intervensi pemerintah untuk menstabilkan keluaran dan menghindari resesi .. karya akademis nya termasuk sumbangan pionir untuk mempelajari investasi , moneter dan kebijakan fiskal dan pasar keuangan. Dia juga mengusulkan model ekonometrik untuk disensor endogen variabel, yang terkenal " Tobit Model. Tobin menerima Nobel Memorial Prize di Ilmu Ekonomi pada tahun 1981.
Di luar akademisi, Tobin dikenal luas untuk saran nya dari pajak atas valuta asing transaksi, yang sekarang dikenal sebagai " pajak Tobin ". Ini dirancang untuk mengurangi spekulasi di internasional pasar mata uang , yang dilihatnya sebagai berbahaya dan tidak produktif. Dia menyarankan bahwa hasil pajak itu bisa digunakan untuk mendanai proyek-proyek untuk kepentingan Dunia Ketiga negara, atau untuk mendukung PBB .
Biografi
Awal kehidupan
James Tobin lahir pada tanggal 5 Maret 1918 di Champaign, Illinois . Ayahnya adalah Louis Michael Tobin, (b.1899) seorang jurnalis yang bekerja di University of Illinois di Urbana-Champaign yang bertempur di Perang Dunia I , adalah anggota pertama Yunani Organisasi di Illinois (Delta Tau Delta Fraternity Beta Upsilon Chapter) , dan dikreditkan sebagai penemu 'Homecoming'. Margaret Edgerton Tobin, (b.1893), seorang pekerja sosial, adalah ibunya. Tobin diikuti sekolah dasar di Laboratorium Universitas Sekolah Tinggi Urbana, Illinois , sebuah sekolah laboratorium di kampus universitas.
Pada tahun 1935, pada ayah nasihatnya, Tobin mengambil ujian masuk untuk Harvard University. Meskipun tidak ada persiapan khusus untuk ujian, dia lulus dan diterima dengan beasiswa nasional dari universitas. Selama studi, ia pertama kali membaca Keynes ' Teori Umum Ketenagakerjaan, Bunga dan Uang , diterbitkan pada tahun 1936 . Tobin lulus summa cum laude pada tahun 1939 dengan tesis berpusat pada analisis kritis 'mekanisme Keynes untuk memperkenalkan kesetimbangan "disengaja" pengangguran. menerbitkan artikel-Nya yang pertama, pada tahun 1941, didasarkan pada senior tesis ini . Tobin segera mulai studi pascasarjana, juga di Harvard, mendapatkan nya MA gelar pada tahun 1940 . Di sini ia telah antara profesor Joseph Schumpeter , Alvin Hansen , Gottfried Haberler , Sumner Slichter , Seymour Harris , Edward Mason , Edward Chamberlin , dan Wassily Leontief , sementara mahasiswa pascasarjana termasuk Paul Samuelson , Lloyd Metzler , John Kenneth Galbraith , Abram Bergson , Richard Musgrave dan Richard M. Goodwin . Pada tahun 1941, ia sela studi pascasarjana untuk bekerja untuk Kantor Harga Administrasi dan Supply Sipil dan Perang Dewan Produksi di Washington, DC . Tahun berikutnya, setelah Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II , ia masuk dalam Angkatan Laut Amerika Serikat , belanja perang sebagai seorang perwira pada perusak. Pada akhir perang ia kembali ke Harvard dan melanjutkan studi, menerima gelar Ph.D studying and doing research. pada tahun 1947 dengan tesis pada fungsi konsumsi ditulis di bawah pengawasan Joseph Schumpeter . Pada tahun 1947 Tobin terpilih sebagai Fellow Junior dari Harvard Society of Fellows , yang membuatnya kebebasan dan pendanaan untuk menghabiskan tiga tahun ke depan belajar dan melakukan penelitian.
kegiatan Akademik dan konsultasi
Pada tahun 1950 Tobin pindah ke Universitas Yale , di mana ia tinggal selama sisa karirnya. Ia bergabung dengan Yayasan Cowles , yang pindah ke Yale pada tahun 1955, juga melayani sebagai presiden antara 1955-1961 dan 1964-1965 . bunga penelitian utama adalah untuk menyediakan microfoundations untuk ekonomi Keynesian , dengan fokus khusus pada ekonomi moneter . Pada tahun 1957 ia diangkat Sterling Profesor di Yale.
Selain mengajar dan penelitian, Tobin juga sangat terlibat dalam kehidupan publik , menulis tentang isu-isu ekonomi saat ini dan menjabat sebagai seorang ahli ekonomi dan konsultan kebijakan. Selama 1961-1962, ia menjabat sebagai anggota John F. Kennedy 's Dewan Penasihat Ekonomi , di bawah pimpinan Walter Heller , kemudian bertindak sebagai konsultan antara 1962-1968. Di sini, dalam kerjasama erat dengan Arthur Okun , Robert Solow dan Kenneth Arrow , ia membantu desain kebijakan ekonomi Keynesian dilaksanakan oleh pemerintahan Kennedy. Tobin juga melayani untuk beberapa istilah sebagai anggota Dewan Gubernur Federal Reserve System Konsultan Akademik dan sebagai konsultan dari Departemen Keuangan AS
Tobin dianugerahi John Bates Clark Medal pada tahun 1955 dan, pada 1981, Nobel Memorial Prize di bidang Ekonomi. Dia adalah seorang rekan beberapa asosiasi profesional, memegang posisi presiden dari American Economic Association pada tahun 1971.
Pada tahun 1972 Tobin, bersama dengan sesama Yale profesor ekonomi William Nordhaus , diterbitkan Apakah Pertumbuhan Usang?, sebuah artikel yang memperkenalkan Ukur Kesejahteraan Ekonomi sebagai model pertama untuk ekonomi keberlanjutan penilaian, dan ekonomi pengukuran keberlanjutan . Pada tahun 1988 Tobin secara resmi pensiun dari Yale, tapi terus untuk menyampaikan beberapa perkuliahan sebagai Profesor Emeritus dan terus menulis. Ia meninggal pada tanggal 11 Maret 2002, di New Haven, Connecticut .
Tobin adalah seorang wali Ekonom untuk Perdamaian dan Keamanan .
Kehidupan pribadi
James Tobin menikahi Elizabeth Fay Ringo, seorang mantan MIT mahasiswa Paul Samuelson, pada tanggal 14 September 1946. Mereka memiliki empat anak: Margaret Ringo (lahir tahun 1948), Louis Michael (lahir 1951), Hugh Ringo (lahir 1953) dan Roger Gill (lahir tahun 1956).Pada akhir Juni 2009, keluarga mengumumkan melalui email pribadi bahwa istri Tobin sudah meninggal pada usia 90.
Warisan
Pada bulan Agustus 2009 di sebuah meja bundar wawancara dalam majalah Prospect , Adair Turner mendukung gagasan pajak global baru atas transaksi keuangan, memperingatkan bahwa "bengkak" sektor keuangan membayar gaji yang berlebihan telah tumbuh terlalu besar bagi masyarakat. Saran Turner Tuhan bahwa " pajak Tobin "- dinamai James Tobin - harus dipertimbangkan untuk transaksi keuangan yang dibuat berita utama di seluruh dunia.
Tobin Tobit model regresi dengan variabel endogen disensor (Tobin 1958a) adalah teknik ekonometrik standar, yang -Tobin model Baumol dari permintaan transaksi uang (Tobin 1956), dan model-nya preferensi likuiditas sebagai perilaku terhadap risiko (permintaan aset untuk uang) (Tobin 1958b) adalah semua pokok dari buku ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar